Tim Konsultan untuk Market and Value Chain Assessment

28 views

Background

Mercy Corps Indonesia sedang menjalankan Proyek Mengelola Risiko melalui Pembangunan Ekonomi di Indonesia (Proyek MRED Indonesia) di Kecamatan Dolo Selatan dan Kulawi di Kabupatern Sigi, Sulawesi Tengah, yang berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam merespon risiko ancaman bencana yang teridentifikasi melalui serangkaian kegiatan pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat (PRBBM) dan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah pemetaan pasar, analisis rantai nilai, kajian dampak bencana terhadap matapencaharian, dan pemetaan multi-stekholder yang merupakan bagian dari kerja-kerja membangun ketangguhan ekonomi didaerah rawan bencana.

 

Purpose / Project Description:

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemetaan pasar, analisis rantai nilai, analisis dampak bencana terhadap matapencaharian, pemetaan multi-stekholder, dan identifikasi informasi layanan cuaca/iklim. Data dan informasi ini akan menjadi acuan dalam pengembangan usaha masyarakat.

 

Objectives:

Tim Konsultan terpilih akan melakukan kajian yang meliputi Pemetaan Potensial Komoditas,Pemetaan Pasar, Analisis Rantai Nilai, Kajian Dampak Bencana terhadap Matapencaharian, Pemetaan Multi-Stakeholder, dan Informasi Layanan Cuaca/Iklim.

 

Deliverable :

  1. Adanya data dan informasi mengenai pasar yang revelan, permintaan & segmen pasar, dan tingkat persaingan pasar.
  2. Adanya data dan informasi tentang permintaan dan penawaran pasar, mekanisme penjadwalan harga, faktor penentu pasar, rantai pasokan, dan mekanisme pengaturan dan kontrol pasar pemerintah
  3. Terkumpulnya data dan informasi mengenai peluang, tantangan, kekuatan dan kelemahan dari jenis produk usaha.
  4. Adanya rekomendasi tentang startegi untuk pengembangan usaha berkelanjutan
  5. Adanya rekomendasi dan strategi adaptasi mata pencaharian terhadap ancaman bencana banjir dan longsor.
  6. Laporan Kajian.

 

Qualification

Tim Konsultan yang terpilih adalah Lembaga ataupun Perorangan terdiri dari 3 orang yang bekerja sebagai sebuah tim kerja bersama Staff Mercy Corps Indonesia dan Karsa Institute. Tim Konsultan bertanggung jawab dalam menyusun rencana strategi pelaksanaan kegiatan, melaksanakan dan mengelola kegiatan, dokumentasi kegiatan, pengawasan kegiatan, menyelesaikan kegiatan, dan membuat laporan kegiatan kajian. Kualifikasi Tim Konsultan yang diharapkan adalah :

  • Pendidikan minimal sarjana ekonomi, ilmu sosial, dan yang relevant
  • Memiliki pengalaman dalam melakukan analisis pasar dan rantai nilai pasar
  • Memiliki pengalaman dalam membangun kemitraan dengan multi-stakeholder dalam kegiatan pembangunan ekonomi, lebih disukai memiliki pengalaman dalam membangun ketangguhan matapencaharian.
  • Memiliki pengetahuan dalam memfasilitasi dan kemampuan komunikasi yang baik
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman bekerja pada program pengurangan risiko bencana dan ketangguhan mata pencaharian
  • Memiliki pengalaman berkerja di NGO minimal 5 tahun atau lebih
  • Memiliki kemampuan menulis laporan dalam Bahasa Inggris dan Indonesia
  • Memiliki pengalaman berkerja di Provinsi Sulawesi Tengah lebih disukai

 

Timeline

Tim konsultan diharapkan bisa bekerja dalam kurun waktu 2 Januari 2021 – 25 Februari 2021.

 

Untuk Scope of Work dan informasi lebih lanjut silahkan klik link : https://mercycorps.or.id/peluang/tim-konsultan-untuk-market-and-value-chain-assessment

 

 

Kirimkan Proposal & CV Tim Konsultan anda ke procurementpalu@id.mercycorps.org.

Lowongan akan ditutup pada 21 November 2020 dan hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk wawancara. Kami menantikan tanggapan dari anda semua yang tertarik menggunakan kesempatan ini untuk tumbuh dan berkembang bersama kami.

 

Terima Kasih

 

Mercy Corps Indonesia

APPLY HERE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *